Fungsi Dan Cara Kerja Sentrifugal Advancer

FAST DOWNLOADads
Download
Sentrifugal advancer (centrifugal advancer) atau governor advancer merupakan salah satu komponen pengajuan pengapian pada mesin. Fungsi dari sentrifugal advancer yaitu untuk memajukkan dikala pengapian menurut dengan kecepatan putaran mesin, sehingga walaupun kecepatan gerakan naik turun piston semakin cepat, tekanan pembakaran maksimum yang dihasilkan tetap berada erat sehabis piston melewati TMA.

Komponen-komponen sentrifugal advancer sanggup ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Semakin cepat putaran dari mesin, maka akan semakin cepat pula putaran dari poros distributor. Plat pembawa pemberat sentrigugal terhubung dengan poros biro sehingga jikalau poros biro berputar cepat maka plat pembawa pemberat sentrifugal juga akan berputar cepat. Karena putarannya cepat maka akan terjadi gaya sentrifugal yang mengakibatkan pemberat (bobot) yang dipasang pada plat pembawa pemberat sentrifugal terlempar keluar (mengembang keluar). Akibatnya maka sisi dari kedua bobot pemberat sentrifugal ini akan menekan kedua sisi plat berkurva sehingga mengakibatkan poros governor (poros cam) berputar lebih maju dari kedudukan awal. Karena poros cam berputar maju maka poros cam akan menekan kayu hitam (sepatu platina) akan lebih awal sehingga platina juga akan membuka lebih awal. Dengan demikian dikala pengapian yang terjadi akan maju.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja dari sentrifugal advancer pada semua kecepatan baik pada dikala putaran idle (stasioner), putaran rendah dan putaran tinggi antara lain :

Pada putaran mesin idle (stasioner)
Pada dikala mesin berputar idle atau stasioner maka putaran dari poros biro juga akan lambat. Pada dikala ini pemberat (bobot) sentrifugal belum mengembang keluar dengan besar lengan berkuasa alasannya yaitu belum bisa melawan kekuatan pegas penahannya sehingga pelat kurva belum tertekan. Bila plat kurva belum tertekan maka poros cam juga belum tertekan maju sehingga pada dikala ini dikala pengapian belum dimajukkan.

Pada putaran mesin rendah hingga putaran mesin menengah
Ketika putaran mesin semakin naik, maka putaran dari poros biro juga ikut naik. Pada dikala putaran rendah hingga putaran menengah, pemberat (bobot) sentrifugal akan mulai mengembang keluar sehingga plat kurva juga mulai tertekan. Jika plat kurva tertekan maka poros cam juga akan mulai tertekan maju sehingga pada dikala ini dikala pengapian mulai dimajukkan tetapi belum dikala pengapian belum maju terlalu jauh.

Pada putaran mesin tinggi
Pada dikala putaran mesin tinggi maka poros biro akan berputar semakin cepat juga sehingga pemberat (bobot) sentrifugal akan mengembang keluar dengan besar lengan berkuasa (karena gaya sentrifugal besar) sehingga plat kurva juga akan tertekan dengan kuat. Jika plat kurva tertekan besar lengan berkuasa maka poros cam juga akan tertekan semakin maju sehingga pada dikala ini dikala pengapian akan dimajukan lebih besar.


Karakteristik dari kurva kerja sentrifugal advancer sanggup diperlihatkan pada kurva di bawah ini :

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post