Komponen Casis (Chassis) Dan Fungsinya
Cassis merupakan bab dari kendaraan yang secara garis besar mempunyai fungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengemudi dan untuk mengarahkan jalannya kendaraan.
Cassis terdiri dari beberapa komponen, komponen-komponen cassis antara lain sistem rem, sistem suspensi, sistem kemudi, rodan dan ban.
Baca juga : komponen-komponen sistem pemindah tenaga
Baca juga : komponen-komponen sistem pemindah tenaga
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Komponen cassis yang pertama yakni sistem rem. Sistem rem pada kendaraan mempunyai beberapa fungsi antara lain untuk mengurangi laju kendaraan, untuk menghentikan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan untuk sanggup berhenti (parkir) pada daerah yang tidak rata (pada jalan menanjak atau pada jalan turunan).
Sistem rem dibedakan menjadi dua menurut media pengeremannya yaitu cakram dan tromol.
Sedangkan menurut penyaluran tenaga pengeremannya dibedakan menjadi tiga yaitu rem hidrolik, rem mekanik dan rem pneumatic.
Komponen cassis yang kedua yakni sistem suspensi. Sistem suspensi pada kendaraan mempunyai beberapa fungsi yaitu untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata supaya tidak diteruskan ke ruang kabin (ruang pengemudi) sehingga pengemudi akan merasa nyaman.
Sistem suspensi terdiri dari beberapa komponen, antara lain :
- Pegas yang berfungsi sebagai media penghubung frame dengan axle dan juga berfungsi untuk menyerap guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang kurang rata. Pegas terdiri dari beberapa tipe yaitu pegas coil, pegas daun dan pegas batang torsi.
- Shock absorber berfungsi untuk menyerap terjadinya kejutan (meredam kejutan) atau mencegah terjadinya oskilasi pada kendaraan.
- Stabilizer bar berfungsi untuk mecegah supaya kendaraan tidak melayang ketika membelok atau untuk mengurangi kemiringan kendaraan akhir dari gaya sentrifugal dikala kendaraan membelok.
- Strut kafetaria berfungsi untuk menopang lower arm supaya tidak bergerak maju atau mundur pada dikala kendaraan tersebut berjalan.
Komponen cassis yang ketiga yakni sistem kemudi. Sistem kemudi pada kendaraan berfungsi sebagai pengarah atau pengatur arah jalannya kendaraan sesuai dengan harapan pengendara.
Roda dan ban
Komponen cassis yang keempat yakni roda dan ban. Roda merupakan komponen pada kendaraan yang terdiri dari pelek dan ban.
Pelek roda merupakan bab daerah dudukan ban dan sebagai komponen yang terhubung dengan putaran poros axle atau steering knuckle.
Pelek sanggup dibedakan menjadi dua menurut materi pembuatnya yaitu pelek dari paduan logam dan pelek dari alumunium alloy.
Ban diisi dengan udara bertekanan yang berfungsi untuk menyerap kejutan yang diterima dari kondisi jalan yang kurang rata alasannya yakni ban inilah satu-satunya komponen pada kendaraan yang pribadi bergesekkan dengan permukaan jalan.
Ban dibedakan menjadi dua tipe yaitu ban radial dan ban tubeless. Ban radial yaitu ban yang memerlukan ban sedangkan ban tubeless yaitu ban yang tanpa memakai ban dalam.
Pada roda terdapat penyetelan geometri roda (wheel aligment) yang mempunyai kegunaan untuk menciptakan kendaraan tetap stabil jalan berjalan, mengurangi keausan pada roda, mencegah kemudi menarik ke satu arah dan lain-lain.
Sumber https://www.teknik-otomotif.com/