Fungsi Pipa Pembagi Atau Delivery Pipe Pada Sistem Materi Bakar Efi

FAST DOWNLOADads
Download
Pada sistem EFI terdapat tiga sistem utama yaitu sistem materi bakar (fuel system), sistem kontrol elektronik (electronic control system) dan sistem induksi udara (air induction system).

Sistem materi bakar pada mesin EFI berfungsi untuk menyalurkan materi bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar ini disalurkan dari tangki materi bakar yang umumnya terletak di bab belakang kendaraan menuju ke ruang materi di mesin yang letaknya cukup jauh dari tangki materi bakar dan terletak lebih tinggi dibandingkan dengan tangki materi bakar.

Pada sistem materi bakar EFI ini terdiri dari banyak sekali komponen, yaitu mulai tangki materi bakar (fuel tank), pompa materi bakar (fuel pump), saringan materi bakar (fuel filter), selang penyalur (line pipe), pipa pembagi (delivery pipe), pressure regulator, pultation damper (pada beberapa tipe mesin EFI) dan injektor serta return pipe (pipa pengembali).

Salah satu komponen sistem materi bakar yaitu pipa penyalur atau delivery pipe pada pada mesin EFI ini terhubung pribadi dengan komponen injektor.

Untuk lebih jelasnya, letak pipa pembagi pada sistem materi bakar EFI sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Fungsi dari pipa pembagi atau delivery pipe ini ialah untuk menyalurkan materi bakar bertekanan ke injektor. Selain itu, fungsi pipa pembagi juga berfungsi untuk menampung materi bakar yang bertekanan supaya mesin EFI selalu siap untuk digunakan.

Bahan bakar di dalam pipa pembagi selalu dijaga tekanannya sekitar 2,55 – 29 kg/cm2. Komponen yang bertugas menjaga tekanan materi bakar di dalam pipa pembagi ini ialah pressure regulator.

Tekanan materi bakar di dalam pipa pembagi selalu dijaga pada tekanan yang konstan demi menjaga kinerja mesin supaya selalu optimal.

Karena bila tekanan materi bakar di dalam pipa pembagi itu rendah (dibawah spesifikasi) maka akan mengakibatkan volume penginjeksian dan bentuk penginjeksian akan kurang baik.

Sedangkan apabila tekanan materi bakar di dalam pipa pembagi itu tinggi (diatas spesifikasi) maka akan mengakibatkan seal injektor akan rusak akhir tidak berpengaruh menahan tekanan materi bakar yang terlalu tinggi.

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post