Cara Melepas (Membongkar), Menyidik Dan Memasang Master Silinder Kopling
Kopling atau clutch merupakan bab dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Fungsi kopling sendiri ialah untuk menghubungkan dan melepaskan putaran dari mesin (fly wheel) dengan transmisi.
Salah satu komponen yang terdapat pada sistem kopling hidrolik ialah master silinder kopling. Master silinder kopling ini berfungsi untuk merubah tenaga dari pengemudi menjadi tekanan hidrolik.
Bila master silinder kopling ini rusak maka tenaga dari pengemudi ketika menginjak pedal kopling tidak akan dirubah menjadi tekanan hidrolik oleh master silinder sehingga tidak akan terjadi kerja pengkoplingan (kopling tidak sanggup melepas putaran mesin ke transmisi).
Cara melepas master silinder kopling
- Buang minyak rem yang terdapat pada reservoir dengan memakai alat pipet. Pada ketika mengeluarkan minyak rem, usahakan jangan hingga minyak rem tumpak dan mengenai body cat mobil. Namun apabila minyak rem tekena bab body kendaraan beroda empat yang bercat maka segeralah cuci body kendaraan beroda empat yang terkena cat tersebut memakai air.
- Lepaskan relasi pipa terusan kopling dari master silinder kopling.
- Lepaskan pen klevis dan klip, semoga klevis sanggup dilepas dari relasi dengan pedal kopling.
- Lepaskan mur dan baut pengikat master silinder dengan rangka kendaran, sehabis mur dan baut pengikat terlepas maka lepaskanlah master silinder.
- Lepas tangki cadangan dari master silinder kopling dengan melepas baut pengikatnya.
- Lepaskan karet epilog abu pada master silinder.
- Tekan push rod dan lalu lepas pengunci snap ringnya dan lalu tarik push rod keluar.
- Lepas piston yang berada di dalam master silinder memakai udara bertekanan.
Pemeriksaan master silinder kopling
- Periksa silinder pada master silinder kopling dari kemungkinan adanya karat dan goresan.
- Periksa piston dan karet piston dari kemungkinan aus dan tergores. Bila komponen tersebut mengalami kerusakan maka ganti komponen tersebut.
Memasang master silinder kopling
- Pasang piston ke dalam silinder dengan permukaan karet piston diolesi dengan gemuk.
- Pasang push rod pada silinder dan pasanglah pasang pengunci snap ringnya kembali.
- Pasang karet epilog abu pada master silinder kopling.
- Pasang reservor kembali pada master silinder.
- Pasang master silinder pada rangka kendaraan dengan mengencangkan kembali mur dan baut pengikatnya.
- Pasang pipa terusan kopling.
- Isi kembali minyak rem pada revervoir.
- Lakukan langkah bleeding.