Pegertian Dan Fungsi Caster Nol, Caster Faktual Dan Caster Negatif
Salah satu faktor geometri roda atau Front Wheel Aligment (FWA) ialah sudut caster.
Sudut caster merupakan sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin atau steering axis terhadap garis tengah roda secara vertikal jikalau dilihat dari arah samping kendaraan.
Caster Nol
Bila kendaraan mempunyai nilai caster nol maka sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin terhadap garis tengah roda secara vertikal jikalau dilihat dari arah samping kendaraan akan bernilai “0” atau dengan kata lain tidak ada kemiringan pada sumbu king pin.
Caster Negatif
Bila kendaraan mempunyai nilai caster negatif maka pada bab atas sumbu king pin akan berada di depan dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada bab bawah dari sumbu king pin akan berada di depan garis tengah roda jikalau dilihat dari arah samping.
Caster Positif
Bila kendaraan mempunyai nilai caster konkret maka pada bab atas sumbu king pin akan berada di bab dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada bab bawah dari sumbu king pin akan berada di baian belakang dari garis tengah roda jikalau dilihat dari arah samping.
Untuk lebih jelasnya mengenai caster 0, caster negatif dan caster positif, perhatikan gambar di bawah ini :
Fungsi caster
Saat kendaraan berjalan lurus, caster mempunyai fungsi sebagai penstabil roda biar roda tetap sanggup berjalan lurus walaupun roda kemudi dilepaskan.
Saat kendaraan berbelok, maka akan terjadi perubahan sudut caster pada roda luar yang akan menuju ke arah negatif sehingga ban akan menopang pada permukaan jalan dengan baik. Oleh alasannya ialah itu akan menciptakan roda menjadi tidak gampang slip.
Pengaruh caster terhadap pengemudian
Caster positif
Penyetelan sudut caster konkret yang benar akan menciptakan roda menjadi stabil jikalau kendaraan berjalan lurus. Namun jikalau penyetelan caster terlalu konkret maka akan menjadikan getaran yang lebih besar dikala kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata.
Caster negatif
Penyetelan sudut caster negatif akan mambuat roda menggelepar dan menjadikan getaran. Selain itu, roda juga tidak akan stabil dikala berjalan lurus.
Caster “0”
Penyetelan sudut caster “0” maka dikala kendaraan berjalan lurus, roda tidak akan cenderung lurus sehingga tidak akan ada kestabilan dikala kendaraan tersebut berjalan lurus
Spesifikasi sudut caster secara umum ialah antara 3o hingga 8o dan perbedaan yang diijinkan antara roda kanan dan roda kiri dilarang melebihi 30’ (30 menit).
Sumber https://www.teknik-otomotif.com/