Cara Kerja Boster Rem Vakum Tipe Diafragma Tunggal
Boster rem merupakan perangkat pelengkap pada sistem rem yang berfungsi untuk meringankan pengemudi ketika menginjak pedal rem.
Boster rem terdapat beberapa tipe, salah satunya ialah boter rem vakum dengan diafragma tunggal.
Pada boster rem vakum ini, untuk menambah gaya pengereman yang mempunyai kegunaan untuk memperingan pengemudi ketika menginjak pedal rem yaitu memakai kevakuman pada intake manifold.
Sehingga boster rem akan bekerja ketika mesin hidup, sedangkan ketika mesin mati boster rem tidak akan bekerja ketika pedal rem diinjak sebab ketika mesin mati tidak ada kevakuman pada intake manifold.
Di dalam boster rem vakum dengan satu diafragma, didalamnya terdapat dua buah ruangan yang dipisahkan oleh diafragma yaitu ruangan dengan tekanan konstan dan ruangan dengan tekanan variabel. Ruangan konstan selalu berafiliasi dengan kevakuman sedangkan untuk ruangan variabel yaitu berafiliasi dengan vakum dan udara luar (atmosfer).
Cara kerja boster rem vakum diafragma tunggal
Ketika pedal rem tidak diinjak atau pada posisi bebas, vacuum port internal (saluran vakum dalam) terbuka sehingga kevakuman pada ruang tekanan konstan (vakum) yang berada dibelakang piston akan terhubung denn ruang tekanan variabel yang berada didepan piston. Dengan demikian pada kedua ruang yaitu ruang tekanan konstan dan ruang tekanan variabel akan sama-sama terjadi kevakuman (ruangan pada kedua sisi diafragma akan menjadi vakum).
Karena tidak adanya perbedaan tekanan antara kedua ruangan maka pegas diafragma akan menekan piston ke arah dasar sehingga push rod yang berafiliasi dengan master silinder tidak akan menekan master silinder.
Saat pedal rem diinjak
Pada ketika pedal rem diinjak, pushrod pada sisi pedal rem akan bergerak maju sehingga piston akan menutup vacuum port internal dan akan membuka inlet air valve sehingga ruang tekanan konstan dan ruang tekanan variabel tidak akan berhubungan. Pada ruang tekanan variabel akan berafiliasi dengan udara luat sebab inlet air valve terbuka, namun pada ruang tekanan konstan akan tetap menjadi vakum sehingga sebab terjadinya perbedaan tekanan antara kedua ruang, maka diafragma akan tertarik kearah ruang vakum sehingga diafragma akan melawan tekanan pegas diafragma dan akan menekan push rod yang menuju ke master silinder.
Pada ketika mesin dimatikan
Pada ketika mesin dimatikan maka vacuum check valve akan menutup jalan masuk sehingga masih memungkinkan terdapat kevakuman di dalam boster rem, hal ini dimaksudkan ketika terjadi hal yang tidak diingkan yaitu mesin mati tiba-tiba, kendaraan masih sanggup memakai boster rem untuk membantu pengereman sebanyak 2 hingga 3 kali pengereman.
Sumber https://www.teknik-otomotif.com/