Bunyi Aturan Bernoulli Dan Penerapan Aturan Bernoulli

FAST DOWNLOADads
Download
Hukum bernoulli ditemukan oleh Daniel Bernoulli pada tahun 1700an di Swiss. Daniel Bernoulli merupakan seorang matematikawan yang lahir di Belanda pada tanggal 8 Februari 1700. Daniel Bernoulli memakai dasar matematika untuk merumuskan aturan yang ditemukannya.

Hukum bernoulli ialah sebuah istilah dalam  mekanika fluida yang membahas perihal gerak fatwa fluida (zat cair atau zat gas). Hukum bernoulli berbunyi “bahwa jumlah dari tekanan, energi kinetik persatuan volume dan energi potensial persatuan volume mempunyai nilai yang sama pada setiap titik sepanjang suatu garis lurus”.

Hukum bernoulli ini menyatakan bahwa tekanan fluida akan berkurang atau menurun jikalau fluida tersebut mengalir atau bergerak lebih cepat. Artinya ialah akan ada penurunan energi potensial pada fatwa fluida tersebut.

Secara umum, aturan bernoulli terdapat dua bentuk persamaan, yaitu untuk fatwa yang tidak termampatkan (incompressible flow) dan untuk alian yang sanggup dimampatkan (compressible flow).

Aliran fluida yang tidak sanggup dimampatkan dicirikan dengan tidak adanya perubahan kerapatan massa (density) pada fluida di fatwa tersebut. Contoh-contoh fluida yang mempunyai sifat tidak sanggup dimampatkan ialah air, minyak dan lain sebagainya.

Aliran fluida yang sanggup dimampatkan dicirikan dengan adanya perubahan kerapatan massa (density) pada fluida di fatwa tersebut. Contoh fluida yang sanggup dimampatkan ialah udara.

Aplikasi atau penerapan aturan bernoulli
Pada cerobong asap
Asap dari proses pembakaran akan mempunyai temperatur yang tinggi, sehingga massa jenis udaranya menjadi kecil. Udara yang mempunyai massa jenis yang kecil akan gampang untuk bergerak ke atas.

Hukum bernoulli juga menyatakan bahwa fatwa udara yang semakin cepat maka tekanan udara tersebut menjadi kecil dan sebaliknya jikalau fatwa udaranya rendah maka tekanannya menjadi besar.

Karena cuilan dari cerobong asap berada diluar ruangan maka angin akan meniup cuilan atas cerobong asap tersebut sehingga tekanan udara disekitarnya menjadi lebih kecil.

Dikarenakan di dalam ruangan tertutup tidak ada udara yang berhembus maka tekanan udara di dalam ruangan tersebut besar. Oleh lantaran itu asap akan tertekan keluar melalui cerobong asap

Pada alat penyemprot
Pada alat penyemprot parfum atau racun serangga juga menerapkan aturan bernoulli ini.

Ketika pompa penyemprot ditekan maka fatwa udara pada pipa akan meningkat sehingga tekanan pada pipa tersebut juga akan rendah. Akibatnya akan terjadi perbedaan tekanan antara diruang pipa dan diruang tandon kawasan cairan sehingga cairan di dalam tandon akan naik ke atas menuju ke cuilan pipa.

Pada karburator kendaraan
Karburator berfungsi untuk mencampurkan materi bakar dengan udara sehingga terbentuk partikel-partikel kecil materi bakar.

Pada karburator terdapat ruang venturi (bagian yang menyempit), bila udara melewati ruang venturi maka kecepatan laju udara akan meningkat sehingga tekanan udara pada ruang venturi akan menjadi rendah.

Karena adanya perbedaan tekanan, maka materi bakar akan keluar melalui nosel jet ke ruang venturi.

Gaya angkat sayap pesawat terbang
Pada dasarnya pada pesawat terbang terdapat 4 buah gaya yang bekerja padanya, yaitu berat pesawat yang disebabkan oleh gravitasi bumi, gaya angkat yang dihasilkan pada sayap pesawat, gaya kedepanyangdisebabkan oleh mesin pesawat dan gaya kendala yang disebabkan oleh fatwa udara.

Pada cuilan depan pesawat terbang dirancang melengkung ke atas. Udara yang mengalir pada sayap pesawat terbang tersebut akan menyerupai air yang mengalir pada pipa yang mempunyai penampang yang besar menuju ke pipa yang mempunyai penampang yang kecil.

Hal tersebut akan menciptakan laju dari udara yang berada di atas pesawat menjadi cepat sehingga tekanan udara di cuilan atas menjadi rendah. Akibatnya lantaran adanya perbedaan tekanan udara antara cuilan atas dan bawah sayap pesawat, maka sayap pesawat akan terdorong keatas dan kesudahannya menciptakan pesawat sanggup terbang.

Tabung pitot
Tabung pitot merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur kecepatas laju gas ata udara.

Tabung pitot terdiri dari sebuah tabung yang mengarah ke fatwa fluida dan pada dasarnya, cara kerja dari tabung pitot ini ialah dengan mengkonversikan energi kinetik udara menjadi energi potensial dengan memakai aturan bernoulli. Prinsip kerja dari tabung pitot ini hampir sama dengan prinsip kerja venturi meter.

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post