Ada Yang Tahu Kenapa Oli Mesin Sehabis Digunakan Berubah Warna Menjadi Hitam Sedangkan Oli Transmisi Dan Gardan Tidak ?

FAST DOWNLOADads
Download
Oli merupakan komponen yang penting bagi setiap kendaraan.  Oli mempunyai fungsi untuk melumasi komponen yang saling bersinggungan bila tidak ada oli tentu saja komponen tersebut akan cepat aus dan rusak.

Oli yang ada di kendaraan kendaraan beroda empat umumnya terdapat 3 jenis ialah oli mesin, oli transmisi dan oli gardan.

Pernahkah anda memperhatikan kondisi oli sesudah digunakan pada kendaraan ?

Ketika anda mengganti oli mesin, warna oli akan berubah warna menjadi hitam pekat, apakah anda tahu sebabnya ?

Sedangkan saat anda mengganti oli transmisi dan gardan, warna oli tetap sama tidak bermetamorfosis hitam.

Pada oli mesin, selain berfungsi untuk melumasi komponen yang saling bersinggungan. Oli mesin juga berfungsi sebagai pembersih.

Hasil dari proses pembakaran akan menghasilkan emisi gas pembakaran yang berupa gas karbon. Gas karbon yang dihasilkan sebagian akan melekat didinding silinder lantaran walaupun piston dilengkapi dengan rig piston tetapi kotoran karbon tidak akan sanggup seluruhnya dibersihkan oleh ring piston.

Sebagian gas karbon yang melekat di dinding silinder ini nantinya akan dibersihkan oleh oli mesin sehingga gas karbon tersebut akan terbawa oleh oli dan mengakibatkan oli menjadi berubah warna menjadi hitam.

Sehingga bila oli mesin digunakan terus menerus akan mengakibatkan kualitas oli menjadi menurun dan bila oli tersebut tetap digunakan maka fungsi dari oli tidak akan maksimal dan alhasil akan menciptakan komponen mesin menjadi rusak.

Oleh alasannya itu oli mesin harus diganti sesudah mencapai jarak tempuh tertentu atau bila telah mencapai beberapa waktu tertentu.

Beda halnya dengan oli transmisi dan oli gardan, pada oli transmisi dan oli gardan, kenapa tidak berubah warna ? Hal ini disebabkan pada transmisi dan gardan tidak terjadi proses pembakaran sehingga oli hanya berfungsi sebagai pelumas saja.

Sehingga oli transmisi dan oli gardan tidak akan berubah warna menjadi hitam, namun walaupun warna nya tidak menghitam, oli transmisi dan gardan juga harus diganti bila sudah mencapai jarak tertentu atau waktu tertentu.

Karena kualitas oli transmisi dan oli gardan juga akan sanggup menurun lantaran digunakan oleh alasannya iu harus diganti. Bila tidak maka sanggup merusak komponen gigi yang saling bersinggungan.

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post