Fungsi Dan Cara Kerja Water Sedimeter Pada Kendaraan Beroda Empat Diesel

FAST DOWNLOADads
Download
Mobil dengan mesin diesel memakai materi bakar solar. Pada mesin diesel, komponen-komponen pada sistem materi bakar tersebut sangat lah sensitif baik terhadap kotoran maupun air.

Bahan bakar solar yang ditampung di dalam tangki materi bakar tidak terjamin bebas dari kotoran maupun air.

Untuk menyaring kotoran dan air ini maka pada sistem materi bakar diesel dilengkapi dengan saringan materi bakar (fuel filter) dan pemisah air.

Pada umumnya, pada mesin diesel dengan sistem materi bakar yang memakai pompa injeksi tipe biro dilengkapi dengan pemisah air yang digabungkan bersama dengan saringan materi bakar dan priming pump.

Sedangkan pada mesin diesel dengan sistem materi bakar yang memakai pompa injeksi tipe in-line, pada umumnya pemisah air terpisah dari saringan materi bakar. Pemisah air ini disebut dengan water sedimeter.

Water sedimeter mempunyai fungsi untuk memisahkan air yang berada pada materi bakar solar semoga tidak masuk ke dalam sistem materi bakar pada mesin diesel tersebut.

Water sedimeter dihubungkan dengan kontak reed, sehingga apabila ketinggian air sudah mencapai ketinggian tertentu maka lampu indikator yang berada di intrumen panel akan menyala untuk memberitahukan pengendara bahwa jumlah air pada water sedimeter sudah mencapai batas tertentu.

Water sedimeter ini memisahkan air dengan materi bakar solar dengan memanfaatkan perbedaan berat jenis dari kedua zat tersebut.

Apabila tinggi air dan pelampung naik melebihi batas tertentu maka magnet yang berada di dalam pelampung akan menutup reed switch sehingga menyalakan lampu indikator pada panel instrumen untuk mengingatkan pengendara.

Apabila air yang berada di water sedimeter sudah melebihi batas maka harus dikuras dengan cara membuka keran dan menggerakkan priming pump untuk mengeluarkan air.

Cara kerja water sedimeter dan pelampung
Berat jenis air lebih berat dibandingkan dengan materi bakar solar sehingga jikalau terdapat air di dalam materi bakar maka air tersebut akan berada di bawah materi bakar.

Sedangkan pelampung mempunyai berat yang lebih berat dibandingkan dengan materi bakar solar namun lebih ringan dari berat jenis air. Sehingga apabila tinggi permukaan air naik maka pelampung juga akan ikut naik.

Pada ketika pelampung naik mencapai ketinggian water detection switch (reed switch) magnet di dalam pelampung akan menghubungkan switch sehingga lampu indikator menyala.

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post