Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay Dan Lampu Kota Pengendali Nyata Dengan Relay
Lampu kepala dan lampu kota pada kendaraan merupakan bab dari sistem penerangan yang ada pada kendaraan. Terdapat beberapa rangkaian kelistrikan lampu kepala dan lampu kota kendaraan. Salah satunya yakni rangkaian kelistrikan lampu kepala dengan pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali nyata dengan relay.
Pengendali negatif atau control negatif yaitu pengendalian yang dilakukan dengan memutus atau menghubungkan arus di jalur negatif. Dengan kata lain, saklar yang dipakai sebagai pengendali di letakkan pada jalur negatif.
Pada jalur negatif ini arus yang mengalir mempunyai potensial (tegangan yang rendah) dibandingkan dengan arus pada jalur nyata selain itu jumlah arus pada jalur negatif lebih sedikit, sehingga jikalau saklar diletakkan pada jalur negatif maka saklar akan dilewati arus dengan arus yang kecil dengan potensial yang rendah. Karena saklar hanya dilewati arus yang kecil dan mempunyai potensial yang rendah maka akan menciptakan saklar menjadi lebih awet.
Sedangkan pengendali nyata yaitu saklar diletakkan pada jalur nyata yang nantinya berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus positif.
Pada jalur nyata akan dilewati arus yang lebih banyak dibandingkan dengan dengan jalur negatif. Jumlah arus yang lewat tergantung dengan daya beban, semakin besar daya maka arus yang lewat semakin besar pula dan sebalikya semakin kecil daya maka arus yang lewat juga semakin kecil pula.
Baca juga : Cara menghitung daya listrik
Baca juga : Cara menghitung daya listrik
Untuk memperawet umur saklar pada rangkaian kelistrikan pengendali nyata maka dilengkapilah dengan relay. Relay disini berfungsi untuk mengendalikan arus yang besar dengan arus yang kecil.
Untuk lebih jelasnya perihal diagram kelistrikan rangkaian lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali nyata dengan relay sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Sumber https://www.teknik-otomotif.com/