Apa Yang Terjadi Jikalau Materi Bakar Pada Motor Injeksi Habis?

FAST DOWNLOADads
Download
Sistem injeksi dibandingkan dengan sistem karburator memang jauh lebih unggul sistem injeksi baik dari pemakaian materi bakar, perawatan kendaraan dan dari segi emisi gas buang yang dihasilkannya.

Pada sistem injeksi, komponen-komponen sistem materi bakarnya mencakup tangki materi bakar, saringan materi bakar, pompa materi bakar, selang atau pipa penyalur (line pipe), pipa pembagi (delivery pipe), pressure regulator dan injector. Bahan bakar dari tangki materi bakar akan disalurkan ke injector memakai komponen pompa materi bakar.
Banyak pendapat yang beredar di masyarakat, bahwa bila pada mesin injeksi kalau kehabisan materi bakar maka akan menyebabkan mesin injeksi tersebut rusak, apakah benar demikian ?.

Ada pendapat bila mesin injeksi kehabisan materi bakar akan menyebabkan terdapat udara pada jalan masuk materi bakar dan kalau jalan masuk materi bakar terdapat udara maka akan menyebabkan keanginan pada jalan masuk sehingga materi bakar tidak sanggup dihisap. Jika pendapat tersebut ditunjukkan pada mesin diesel produksi lama, pendapat tersebut memang benar, tetapi bila pendapat tersebut ditunjukkan pada mesin injeksi bensin maka pendapat tersebut salah. Pada motor injeksi bensin komponen sistem materi bakarnya sudah dilengkapi dengan komponen pressure regulator yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan bakan bakar pada pipa pembagi. Bila terdapat udara pada jalan masuk materi bakar maka udara tersebut akan keluar melalui pressure regulator.

Sehingga kalau kendaraan injeksi tersebut kehabisan materi bakar, solusinya ialah isi kembali materi bakar di dalam tangki kemudian hidupkan kontak dan matikan (On Off) kendaraan tersebut beberapa kali hingga tekanan materi bakar kembali normal. Biasanya ketika anda menghidupkan kontak (On) akan terdengar bunyi mendenging di bab pompa materi bakar kemudian sesudah beberapa ketika bunyi tersebut mengilang. Hal ini dimaksudkan, ketika pertama kali On maka pompa akan bekerja untuk menyiapkan tekanan materi bakar supaya sesuai dengan spesifikasinya sebelum kendaraan tersebut bekerja, sesudah beberapa ketika pompa materi bakar tersebut akan mati.

Tapi kalau materi bakar habis dan pengemudi tidak tahu bahwa materi bakar itu habis kemudian pengemudi tersenut menstarter berulang-ulang kendaraan maka sanggup menyebabkan kerusakan. Kerusakan tersebut sanggup terjadi pada komponen pompa materi bakar. Seperti yang kita ketahui komponen pompa materi bakar pada sistem injeksi pada umumnya terletak pada bab dalam tangki materi bakar. Jika materi bakar habis sedangkan pompa materi bakar terus bekerja maka pompa materi bakar tersebut sanggup panas dan kalau hal ini dilakukan terus menerus sanggup menyebabkan kumparan pada pompa materi bakar sanggup terbakar sehingga pompa materi bakar akan rusak. Bahan bakar didalam tangki juga berfungsi sebagai pendingin dari pompa materi bakar sehingga kalau tidak ada materi bakar di dalam tangki maka pendinginan pada pompa materi bakar tidak akan baik dan sanggup menyebabkan pompa materi bakar menjadi panas.

Jadi kalau materi bakar habis, jangan kuatir kalau jalan masuk akan kemasukkan angin yang menciptakan mesin susah hidup, tapi kalau mesin kehabisan materi bakar jangan menstaternya terus menerus alasannya sanggup menciptakan komponen pompa materi bakar tersebut rusak.

Sumber https://www.teknik-otomotif.com/
FAST DOWNLOADads
Download
Next Post Previous Post